Kamis, 19 September 2013

Situs Megalithikum Gunung Padang ( Cianjur )

Kali ini saya ingin mengulas sedikit tentang tempat wisata sejarah di Kota saya Cianjur, yaitu Gunung Padang. Saya sendiri baru satu kali ke tempat tersebut, dan sudah lama sekali yaitu sekitar tahun 1996. Waktu itu ada acara tadabur alam dari sekolah, hampir semua siswa kelas dua dengan para guru pembimbing bertadabur alam ke Gunung Padang. Kita semua ke Gunung Padang dengan cara hiking, start pagi sampai lokasi sore hari hampir waktu maghrib. Sangat capek sekali, tapi menyenangkan, kita menginap di beberapa rumah penduduk dan baru ke lokasinya esok paginya.

Gunung Padang dulu dengan Gunung Padang sekarang tentunya sangat jauh beda sekali yaa..dari akses jalannya, dulu masih bebatuan dan tanah. Sepertinya sekarang sudah di aspal dan bisa masuk mobil. Dan lagi jalan ke atas Situs sudah ada dua jalur, yang satu jalur baru untuk memudahkan dan yang satu jalur lama, yang waktu saya dan teman-teman lalui. Tapi sampai sekarang saya belum tahu bagaimana suasananya. InsyaAllah nanti saya dan anak-anak ke sana kalau situasi dan kondisinya memungkinkan, dan ingin coba berbagi gambar yaa...biar original saya yang buat ya hehe...

Gunung padang adalah sebuah situs megalithikum yang berada di perbatasan Dusun Gunung Padang, Desa Karya Mukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.
Situs Gunung Padang di Cianjur berusia 109 Abad Sebelum Masehi, atau 10.900 tahun SM. Jadi Gunung Padang dibangun 5000 tahun silam...wow...amazing yaa..hehe. ( keren nya!...di Cianjur kituh...lohh..bangga atuh...hehe), berarti katanya lebih tua dibanding Candi Borobudur.

Situs Gunung Padang adalah situs pra sejarah megalithikum yang menurut dari beberapa sumber merupakan situs megalithikum yang terbesar di Asia Tenggara. Ternyata syarat makna yang melibatkan faktor geologi, arkeologi, religi dan astronomi, yang dibangun dalam harmoni bumi dan langit.

( sumber : wikipedia.org )

Dinamakan Gunung Padang berdasarkan kata " Padang ", berasal dari beberapa suku kata :
* Pa : tempat
*Da : besar/gede/agung/raya
*Hyang : eyang/moyang/biyang/leluhur agung.
 
Jadi arti kata Padang itu adalah tempat agung para leluhur ( Tempat Para Leluhur Agung ).
Gunung Padang Sendiri banyak di pakai oleh beberapa warga dijadikan tempat ritual, biasanya sinden dll. dan katanya ditemukan lima makam di sekitar Gunung Padang. 
 
Jadi banyak yang mengartikan berbeda-beda tentang Gunung Padang, dan penggunaannya pun berbeda-beda ada yang sekedar berwisata dengan keluarga, ada yang berkepentingan untuk penelitian dan ada  juga yang dipakai ritual. Tentunya semua itu bagaimana menurut kepercayaan masing-masing ya.. kalau untuk ritual, tapi Gunung Padang seperti nya bagus untuk dijadikan tempat wisata untuk anak-anak kita, jangan selalu ke mall ya ngga..tapi biar mengetahui peninggalan bersejarah nenek moyang kita.

* Keterangan dan gambar diambil dari beberapa sumber di mbah google*
* Keterangan dan gambar diambil dari beberapa sumber di mbah google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar