Kamis, 22 Agustus 2013

Hamil Anggur

Hamil Anggur ( Mola hydatidosa )

Kali ini saya mau berbagi cerita, tentang penyakit hamil anggur atau istilah kedokterannya Mola hydatidosa. Hamil anggur ini di alami oleh saya sendiri, sebenarnya kejadiannya sudah setahun yang lalu yah...tapi baru bisa share sekarang ini. Pengalaman saya ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua khususnya bagi para bunda yaa...

Ciri2 hamil anggur ( Mola hydatidosa ) :

Waktu itu saya merasakan mual-mual, pening dan lain sebagainya, saya pikir saya terkena penyakit magh atau masuk angin, kemudian saya minum obat magh dan obat masuk angin. Tapi mual dan peningnya masih ada, akhirnya saya berpikir jangan-jangan saya hamil. Aduuhh...pikirku saya belum siap untuk hamil lagi, soalnya anak keduaku baru saja berumur satu tahun dan belum bisa berjalan lancar. Sewaktu itu saya stress bukan kepalang, bukannya saya menolak rejeki dari Allah. Tapi terus terang belum siap segala-galanya.

Akhirnya saya periksa ke dokter kandungan, dan akhirnya dari tes saya hasilnya positip hamil. sampai menggunakan kamera sensitive begitu. Di temukan di rahim saya terdapat baru wadah janin saja jadi belum terdeteksi bakal janinnya, dan umur kehamilanku katanya sudah berumur 2 mingguan. Setelah itu saya lemas sekali, sampai kepikiran terus, tapi akhirnya setelah mendapat beberapa masukan dari sana sini. Saya menguatkan diri ya sudah harus saya syukuri mungkin Allah mempercayai saya lagi, meskipun anak keduaku masih terlalu kecil.

Setelah satu mingguan dari tes yang pertama, saya kaget saya mengalami pendarahan berupa bercak-bercak merah, seperti ciri - ciri menstruasi begitu. Akhirnya saya tes ke dokter kandungan yang lainnya lagi. Hasilnya saya memang positip hamil, kata dokter mungkin saya terlalu capek sehingga mengalami pendarahan kecil. Sampai-sampai dokternya memberikan saya obat penguat janin begitu. Tetapi ada satu kejanggalan yang saya tangkap, dari hasil USG dalam rahim saya terdeteksi masih berupa wadah bakal buah, belum ada bakal janin. Kalau tidak salah yah...sepengetahuan saya biasanya kalau sudah berumur 3-4 minggu sudah ada bakal janinnya, tapi ini belum ada hanya terdapat masih wadahnya saja


Obat yang diberikan dokter, tidak saya minum, soalnya saya paling anti obat kimia. Kecuali vitamin nya saya minum. Setelah beberapa hari kemudian saya meminum obat penguat janin dari dokter, karena masih mengalami bercak-bercak merah dan sesuai saran adik saya. Tapi ternyata setelah meminum obat penguat janin saya malah mengalami pendarahan yang agak sedikit banyak dari sebelumnya. Kata saya ko, ini kayak menstruasi yah...atau mungkin keguguruan.

Akhirnya saya cek ke dokter, setelah di usg. Saya mengalami keguguran, dan harus di kuret. Di dalam kandungannya ternyata sudah hancur, sayapun memutuskan untuk operasi kecil kuret. Saya cek kembali di dokter kandungan yang biasa mengurus kelahiran kedua anak saya, dan beliau pun memeriksa. menurut beliau ini bukan keguguran biasa, melainkan hamil anggur karena hasil usg nya memperlihatkan bentuknya seperti anggur.

Setelah menjalankan operasi kuret, Alhamdulilah berjalan lancar. Tapi setelah kontrol hasilnya masih tetap positive, kata dokter berarti ini memang positive hamil anggur jangan panik katanya tetap menjalani kontrol saja secara berkala dan dokter pun hanya memberi obat antibiotik. Saya kepikiran terus, saya pun searching di google hasilnya bahwa hamil anggur itu sejenis tumor jinak, tetapi jika dibiarkan tanpa di obati tentunya akan menjadi tumor yang besar.

Hasil searching di google, jangan takut ternyata ada obatnya baik itu alami ataupun kimiawi. Jadi hamil anggur ini disebut di bahasa kedoteran yaitu Mola hydatidosa. jadi didalam rahim itu berbentuk mola atau berpola seperti anggur, memang harus dideteksi lebih awal karena ada juga yang tidak terdeteksi sehingga umur kehamilannya ada yang sudah berbulan-bulan dan sudah besar. sehingga mungkin dalam proses operasinya menjadi operasi besar, karena alhamdulilah saya masih kecil ukurannya jadi tidak terlalu bangga dalam proses operasinya.

Penyakit hamil anggur ini belum terdeteksi apa penyebabnya, tapi katanya akibat kurang vitamin dan sperma yang kurang berkualitas, jadi menyebabkan hamil anggur. dari pengalaman-pengalaman yang saya baca, memang sampai ada yang mengikuti proses kemoterapi, tetapi jangan takut insyaAllah dapat sembuh asalkan kita nya rutin mengobati dan berdoa.

Kalau saya, terapi nya meminum ramuan alami dengan meminum rebusan daun sirsak sehari dua kali, terus tiap pagi rutin minum jamu godokan pahit ke mba jamu pokonya campur-campur deh yang pahitnya minta ampun yang penting pengen cepet sembuh, dan jangan lupa makanan nya harus yang bergiji dan bervitamin seperti sayuran dan buah-buahan. Dan juga jus wortel, karena sayur wortel tersebut katanya salah satu obatnya yang dapat menyembuhkan. karena penyebabnya hamil anggur ini bisa jadi disebabkan kekurangan vit A. Alhamdulilah setelah kurun waktu dua minggu saya kontrol terus, akhirnya hasilnya negative. Saya pun merasa lega tapi meminum jamu tetap saya lakukan, untuk tetap berjaga-jaga. Dan dalam waktu setahun jangan hamil dulu, bagi yang pengen hamil lagi ya...

Nah...mungkin itu sebagian pengalaman saya tentang hamil anggur, semoga bermanfaat. jadi kesimpulannya. Di awal kehamilan harus cepat terdeteksi yah...sebelum menjadi besar umur kehamilannya. Ciri-cirinya sudah saya ceritakan di atas, dan pengobatan secara alaminya. kalau saya minum daun sirsak, jamu pahit dan jus wortel.

Resep minum ramuan daun sirsak adalah :
6 lembar daun sirsak
Dua gelas air putih

Cara membuat :
Cuci dahulu daun sirsak kemudian masukan kedalam rebusan air, dari dua gelas menjadi satu gelas rebusan daun sirsak. Di minum dua kali sehari pagi dan sore, rutin sampai gejala hamil anggurnya menjadi negative.

Seperti inilah gambarannya kurang lebih, gambar saya ambil dari google.




6 komentar:

  1. Terima kasih mbak informasinya sudah berbagi pengalaman..
    mungkin bisa juga2 baca referensi disini http://www.tanyadok.com/kesehatan/mengenal-lebih-dekat-hamil-anggur mengenai hamil anggur, tapi dari pengalaman mbak sudah lumayan cukup paham ..
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama;sama....makasih juga untuk infonya....maaf loh baru dibalas...soalnya sdh lama banget, ga pernah buka2 blog...
      thank too..^_^

      Hapus
  2. Waas artikel yang seperti ini yang menarik, langsung dari nara sumber yang pernah mengelami hamil anggur. Terimakasih mba untuk sharingpengalamannya. Yang masih say bingun untuk penulisan molahidatidosa/ mola hydatidosa ataukah molahydratidosa soalnya ada blog yang nulisnya seperti itu. Kalau di wikipedia mola hidatitoda, tapi entahlah...
    Saya juga nulis artikel seputar hamil anggur, mampir juga ya mba : http://www.areabumil.com/2016/02/apa-itu-molahidatidosa-atau-hamil-anggur.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba faradila...
      Tentang penulisan saya kurang tau mana yg benar 100% nya. Soalnya saya juga dapat searching di mbah google he2..saya hanya share pengalamannya saja...
      Iya nanti saya mampir ke web mba faradila..terima kasih

      Hapus
  3. Daun sirsak memang sudah terbukti bagus.

    Kalau sulit mencari daun sirsak kering dari pohonnya langsung, di sini ada bentuk teh celupnya >>

    KLIK >> http://berkhasiat.web.id/jualan/jual-teh-daun-sirsak/

    ~ Atau yang lebih AMPUH LAGI, minyak daun sirsak + Habbatussauda + Propolis, klik di sini

    ~ atau kunjungi situs www.berkhasiat.web.id

    ~ atau langsung pesan sarang semut secara online ke 0813-80-262524 (Ryan) -- SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    BalasHapus
  4. Jadi termotifasi untuk semangat sembuh dari mola.. Saya sudah di kemoterapi. Mudah mudahan sembuh.

    BalasHapus