Rabu, 04 September 2013

Bisul pada mata

Assallamuallaikum....
Malam ini saya mau berbagi cerita kembali, kali ini tentang penyakit bisul khususnya pas tempatnya di mata. Lagi-lagi ini terjadi pada apa yang saya alami, tapi kali ini terjadi pada anak pertama saya yang laki-laki umurnya 6 tahun.

Kejadian sudah beberapa bulan kebelakang, waktu itu anak saya mengalami bisul-bisul di wajah, ada yang di hidung, di dagu, pokoknya kalo ngga salah ada tiga, saya langsung kepikiran memakai obat salep nosib. Meskipun sebenarnya berbahaya, karena obat tersebut termasuk keras dan tidak untuk sekitar wajah. Tapi alhamdulillah akhirnya sembuh. eehh....tidak lama seminggu lebih kemudian anakku bisulan lagi. Kali ini ada di pipi, di hidung dan diatas kelopak mata. 

Saya obati kembali dengan nosib, saya pikir mumpung masih kecil dan belum membesar, akhirnya pada lempes tapi ternyata ada yang tertinggal tepatnya diatas kelopak mata banget, waktu itu saya takut ngobatinya. Takut ada apa-apa pada mata anak saya, akhirnya bisul pada mata anakku semakin membesar. Saya coba konsultasikan dengan apoteker, di rekomendasikan memakai obat salep sakit mata Terramycin. Tetep aja ga lempes-lempes aduh kasian banget anakku, si bisul merajalela semakin membesar.

(kurang lebih seperti ini deh...tapi kalau anakku lebih parah)
Gambar diambil dari mbah google


Akhirnya nyerah deh...kita periksakan ke dokter takutnya penyakit kulit yang lain. Setelah diperiksa kata dokter memang betul penyakit bisul. Saran dokter di suruh dibelek, tapi anakku nggak mau. Akhirnya dokter memberikan resep obat yang di minum, semacam antibiotik begitu.

Setelah dari dokter obat antibiotik nya diminum ditambah suplemen vitamin.Setelah satu minggu lebih, terlihat lempes dikit sih...dan sangat masak sekali, tapi tetep aja masih agak besar. Aduuhhh...kepikiran terus sama saya, kasian dipikir-pikir kalau pecah sendiri takutnya jadi meninggalkan bekas yang lebar. Kemudian malam-malam saya memberanikan diri mengeluarkan nanah nya sendiri, oia itu setelah biasa saya searching2 di google dengan berbagai saran, sempet saya kompres biar lempes. Lempes sih...tapi si bisul jadi menipis, lalu sempet di oles bawang putih. Aduhhh...nangisnya minta ampun, perih mungkin. habisnya pengen cepet sembuh sih...hehe (kacian anakku).

Terusin lagi yah...akhirnya saya tusuk tuh si bisul yang ngeselin, memakai jarum jahit setelah dibersihkan alkohol (hehe...jangan ditiru yah...kecuali seyakin saya dan hati2). Akhirnya nanah bisulpun keluar sedikit demi sedikit sampai darahnya keluar.

Besoknya...Alhamdullilah berkat perjuangan saya, bisul anakku lempes pes...pes...berbekas sih dikit..tapi nggak apa-apa lah yang penting sembuh. Tapiiii....ternyata oh ternyata...setelah sebulan-dua bulan saya kasih makan telur lagi...ehhh gitu lagi. Kali ini plus adikknya, dua2nya di mata lagi di mata lagi deh...tempatnya. Haah...capek deehh....

Kepikiran deh pakai obat apaan...cari di google katanya pakai obat salep apa gitu katanya lumayan mahal. Setelah konsultasi sama apotekernya. beliau bilang bahwa itu obat kerasan berbahaya buat mata. Saat itu bingung sekali mau ke dokter lagi, akhirnya tanya-tanya lagi kali ini kita pas main ke Bandung. Pertama di apotek ditawarin salep mata lagi namanya Ikamicetin. 

Kita berpikir aduh kalo murah biasanya ngga mempan, tapi relativ deh...biasanya ada yang langsung ampuh. sampai pada akhirnya suamiku ke apotek kimia farma di Bandung, mendapat rekomendasi langsung dari dokter yang praktek di boromius yang sedang berada disitu mungkin. Katanya pakai obat salep Fuladic Fusidic acid 2 % ( 5 g) memang harganya agak mahal sih sekitar Rp. 50.000, tapi nggak apa-apa deh demi kesembuhan anakku mana dua-duanya lagi. Dan Alhamdulillah...akhirnya obat itu mujarab. Bisul-bisul anakku pada lempes sebelum berkembang menjadi besar.

 ( gambar di ambil dari google )


Sampai sekarang masih pakai obat itu kalau anak-anakku bisulan. Soalnya sekarang bisulan lagi, berarti benar-benar harus libur makan telur, terutama anak pertama saya. Kemudian suka di kasih vitamin, berarti ada kemungkinan kekurangan vitamin juga, terutama buah-buahan segar.
Mungkin segitu saja pengalaman dari saya, semoga bermanfaat yah....




3 komentar:

  1. aslkm bunda

    klo pke salep fuladic fusidic acid 2% hrs pke resep dokter ga yaaa klo bisulnya udah gede bsa ga yaa pke fuladic fusidic acid 2%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam....waduh maaff banget yah...baru buka blog lagi, lama banget vakum saya. ternyata ada beberapa komentar yang sudah lama...bukan lama lagi tapi karatan hhee...waktu itu saya juga ga pake resep dokter, tapi info nya dari salah satu dokter di bandung...kalo saya ya pake obat itu pas udah besar...alhamdulilah cocok dan sembuh.
      meskipun sudah basi balasannya tapi semoga bermanfaat bagi yang lainnya yah....untuk kupra belantuk..semoga sudah sembuh banget yah bisulannya...
      tapi saya sekarang punya resep baru...kebetulan anak saya langganan banget sama yang namanya bisulan...sebelum bisul itu membesar saya pakein obat salep mata terramycin, atau obat salep mata anak lainnya...alhamdulilah mujarab langsung mengempes lagi tidak sempat membesar...tapi yah bisa juga tergantung cocok atau tidaknya yah...
      terima kasih

      Hapus