Minggu, 11 Oktober 2020

Pelajari Baru Pilih Asuransi Yang Tepat

( Sumber gambar : google )
 
 
Berminat memiliki asuransi untuk segala kebutuhan? apakah ada yang tepat atau aman nggak yah...Memang seharusnya sebelum kita berniat untuk mendaftar asuransi sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu perusahaan asuransi yang akan kita pilih tersebut, itu sangat penting agar kita tidak terjebak dalam kerugian ataupun penipuan.
 
Seberapa pentingkah kita untuk memiliki sebuah asuransi, apakah memang kita sangat membutuhkannya atau tidak? Itu semua perlu dipertimbangkan, tetapi jika kita mempunyai penghasilan yang tetap baik itu seorang karyawan perusahaan atau seorang pedagang. Dan untuk menyimpan dan merencanakan keuangan kita untuk sebuah tujuan sangat susah di alokasikan, tidak ada salahnya memiliki sebuah asuransi untuk merencanakan semuanya agar teralokasikan...Nah jika memang sudah berniat untuk memiliki sebuah asuransi sebaiknya kita wajib mempelajari dan mengetahui terlebih dahulu perusahaan asuransi yang akan kita jatuhkan pilihan untuk perencanaan keuangan kita kedepannya.
 
Dalam memilih sebuah asuransi yang ideal dan tepat serta sesuai kebutuhan kita memang susah - susah gampang. Semua perusahaan asuransi mengklaim bahwa mereka adalah yang terbaik. Oleh karena itu sebagai calon nasabah harus bisa menganalisa lebih jauh sebelum mempercayakan keuangannya kepada perusahaan asuransi.

Berikut Tips dalam memilih sebuah asuransi :

1. Pilih perusahaan asuransi yang mempunyai reputasi baik
 
Memilih perusahaan asuransi yang pertama adalah memilih perusahaan asuransi yang mempunyai reputasi yang baik.
 
Perusahan asuransi yang baru muncul, bukan berarti termasuk perusahaan asuransi yang bereputasi buruk. Akan tetapi memilih perusahaan asuransi yang telah berdiri hingga puluhan tahun, akan memudahkan dalam menganlisa rekam jejak dan reputasinya. Dengan begitu akan mengurangi resiko kita dalam sebuah kerugian.

Coba untuk mengumpulkan informasi dari media surat kabar, media digital mengenai penanganan klaim nasabah. 

JIka perusahaan tersebut terlalu banyak komplain dari beberapa nasabah, sebaiknya anda tinggalkan perusahaan tersebut.

2. PIlih yang menawarkan premi terjangkau

Memilih perusahaan asuransi yang kedua adalah memilih perusahaan asuransi yang menawarkan premi yang terjangkau dan berkualitas.

Kita bisa membandingkan terlebih dahulu pada beberapa asuransi, mana yang menawarkan premi terjangkau dan berkualitas. Jangan lupa ingat selalu, pahami dahulu kebutuhan anda, jangan asal tergoda produk asuransi yang ditawarkan para sales ataupun konsultan asuransi.

3. Pilih yang mempunyai rekanan banyak dan berkualitas

Memilih perusahaan asuransi yang mempunyai banyak rekanan sangatlah penting. Semakin banyak rekanan, semakin mudah nasabah mengakses layanan yang diperlukan. Terutama jika nasabah membutuhkan penanganan medis yang cepat.
 
4. Pelajari dalam sisitem asuransinya
 
Tujuan untuk mempelajari sistem asuransi adalah untuk memanfaatkan sebaik mungkin asuransi kita dan terutama jika kita hendak mengajukan sebuah klaim.
 
Jika sistem klaim asuransi yang dimiliki adalah reimburse, ketika kita mengalami peritiwa yang ter-cover dalam ketentuan polis asuransi. Misalnya rawat inap atau kecelakaan berkendara, maka kita perlu mengurus dan membayar biaya yang muncul terlebih dahulu. Setelah itu, baru kita dapat mengajukan klaim untuk penggantian biaya yang telah dikeluarkan kepada pihak asuransi.
 
Sedangkan sistem klaim asuransi yang dimilki adalah cashless, kita cukup menunjukkan kartu anggota saja tanpa menalangi biaya yang muncul untuk mendapatkan perawatan, karena pihak asuransi yang akan langsung mengurus biaya yang timbul.
 
5. Ketahui apa yang kita butuhkan
 
Agar tidak sia - sia atau mubazir dan mungkin saja salah sasaran, kita harus mengetahui sebenarnya apa yang sangat kita butuhkan dalam membeli produk asuransi.
 
Sebagai contoh jika kebutuhan utama kita adalah kesehatan yang dapat menanggung biaya rawat jalan ataupun rawat inap. Maka pilihlah asuransi yang bisa memenuhinya.
 
Dalam memilih asuransi sesuaikanlah dengan yang benar-benar kebutuhan kita, baik itu kesehatan atau pendidikan anak.
 
6. Pilih agen yang sudah berlisensi
 
Agen asuransi yang sudah memiliki lisensi adalah agen resmi yang telah terdaftar dan diawasi oleh pemerintah.
 
Salah satu cara untuk memastikan status agen asuransi resmi atau tidak, dapat dilakukan dengan cara mengecek keanggotaannya dalam sebuah Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).
 
Sangatlah penting memilih asuransi dari agen yang sudah mempunyai lisensi, karena selain sudah berpengalaman dapat membantu kita ketika akan mengajukan klaim. 

7. Pilihlah asuransi murni

Ada dua jenis asuransi yaitu asuransi murni dan asuransi unit link.
Asuransi unit link tidak hanya menawarkan proteksi kesehatan saja tetapi menawarkan juga investasi.

Hal tersebut menjadikan premi asuransi link sama dengan asuransi murni, bahkan asuransi link akan menjadi lebih mahal. Sedangkan yang ditawarkan tidak lebih banyak dari asuransi murni. Dikarenakan dana yang dibayarkan sebagian digunakan untuk investasi.

Jika kita sudah memiliki instrumen investasi sendiri, misalnya emas atau reksa dana. Pilihlah asuransi murni agar manfaat yang didapatkan lebih maksimal.

Sehingga kita dapat menghindari pemborosan sekaligus mendapatkan manfaat asuransi yang tanggung, sedangkan kita sudah membayar dengan harga yang cukup besar.

Pastikan lebih teliti, untuk membeli asuransi dari perusahaan yang sudah terdaftar di OJK dan juga dilakukan oleh sales atau konsultan yang sudah berlisensi, kemudian jangan lupa untuk mempelajari terlebih dahulu ketentuan pada polis asuransi. Banyaklah bertanya pada sales jika ada hal - hal yang membuat kita bingung

Dengan kita mempelajari terlebih dahulu produk asuransi yang akan kita pilih, selain akan mengurangi pemborosan dan juga menghindari dari adanya kasus penipuan atau pun kesalahan dalam ketentuan polis asuransi, yang akan merugikan kita sendiri.
 
Demikian tips dalam memilih sebuah produk asuransi, saya bukanlah ahli di bidang asuransi. Sekedar memberikan informasi untuk lebih berhati - hati dan lebih teliti, jika akan memilih produk asuransi. Jika ada banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan tentang semua hal asuransi, silahkan tanyakan pada sales atau konsultan yang sudah berkecimpung di dunia asuransi selama puluhan tahun lamanya tentunya sudah berlisensi, disini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar