Kamis, 01 Oktober 2020

MOZAIK BURUNG DARI BIJI BIJIAN

        Anak - anak kelas 4 SD mendapat tugas dari gurunya yaitu membuat mozaik burung, meskipun dimasa pandemi begini aktivitas belajar mengajar tetap berjalan, dan tugas -tugas pun masih tetap ada sehingga para orang tua lah yang kadang jadi ikut sibuk..😅. Tapi yah..sudahlah itu kan sudah menjadi bagian tugas orang tua membantu anak - anaknya dalam belajar bukan seorang guru saja. 

     Akhirnya diputuskan membuat mozaik burung, dengan bahan seadanya karena mengerjakannya malam-malam. waktu sudah mepet akibat dinanti - nanti karena memang tugas bukan ini saja belum kakaknya meskipun sudah di bangku SMP, tetap saja harus dikontral tugas - tugasnya dan tetap butuh bantuan emaknya..😇. Jadi seorang ibu itu memang harus segala bisa...😂.

        Untuk mencari gambar saya biasa meminta bantuan mbah goggle, dapatlah gambar burung. Saya coba gambar sendiri dengan menyontek ke mbah goggle.

Alat dan Bahan yang saya gunakan :

- Beras 

- Kacang hijau

- Padi

- Dus bekas

- Kain flanel     

        Kurang lebih seperti inilah, tahapannya. Tapi maaf gambar polos burungnya tidak  sempat ter foto.

Berikan lem fo yang agak banyak, supaya biji - bijian akan menempel dengan sempurna, dan biarkan memngering.

Biji - bijan bisa satu persatu ditempelkan, bagusnya sih menggunakan pinset. tapi kebetulan saya tidak ada pinset, dan pensil pun jadi deh...
Gambar yang sudah ditempel semua dan sudah mengering, saya sampul dengan plastik. Karena saya akan membuat pigura sendiri dari dus bekas, yah..semacam memanfaatkan bahan yang ada dan sedikit menghemat..😋
Dus bekas saya cutter ukurannya saya samakan dengan gambar, dilebihin dikit deh..sekitar 1 cm.
Kemudian saya bikin bagian depannya, tinggal samakan ukuran dus nya lalu saya potong pakai cutter tengahnya kurang lebih seperti pada gambar.

kemudian saya menggunakan kain flanel, untuk menutupi dusnya, ditempel menggunakan lem tembak atau bisa pakai super glue atau apa aja yah..kecuali lem fox, tapi bisa aja sih lemfox...tapi lumayan harus nunggu lama agar menempel kuat, harus menunggu kering supaya nempelnya kuat.

Beginilah hasilnya kurang lebih, lumayan lah yaa...sebenernya itu daun dan bunganya bisa ditempelin biji-bijan juga, tetapi karena biji-bijian nya kurang ya..sudah..langsung kumpulin saja dan anakpun suka..malahan dia bikin sendiri tanpa bantuan emaknya...

semoga sharing membuat kerajinan tangan mozaik dari biji - bijian ini bisa bermanfaat yah...kalian mungkin bisa lebih berkreasi lebih bagus lagi dari ini. terima kasih sudah mau lihat blog gado - gado saya apapun saya share...😋, kecuali yang mengadung sara, ras dan agama yah...jangan dehh...oke trims 👍 😇


Tidak ada komentar:

Posting Komentar